Archives

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 16 No. 2 (2021)

    Buletin Sumber Daya Geologi volume.16 nomor.2 telah hadir kembali di akhir Bulan Agustus 2021. Berdasarkan Keputusan Menristek/Kepala BRIN nomor 200/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020, BSDG dinyatakan lulus berpredikat Peringkat 2 dengan EISSN nomor 25801023 yang berlaku sejak volume.15 nomor 2 Tahun 2020 hingga lima tahun selanjutnya.

    Lima makalah yang hadir pada edisi ini tentang karakteristik fluida pembawa mineralisasi, peningkatan nilai tambah batubara dan tiga makalah tentang panas bumi yang membahas tentang pemanfaatan penginderaan jauh dan metode lainnya untuk mengidentifikasi pengaruh struktur terhadap potensi panas bumi dan peluang pemanfaatan langsung energi panas bumi.

    Makalah pertama berupa kajian tentang penggunaan analisis inklusi fluida untuk mengidentifikasi evolusi cebakan tipe hidrotermal dan jenis fluida pembawa mineralisasi pada Pit Ramba Joring. Berdasarkan data hasil pengukuran temperatur, tekanan, densitas dan kedalaman pembentukan mineralisasi dapat diketahui jenis fluida pembawa mineralisasi tersebut.

    Selanjutnya makalah tentang upaya meningkatkan nilai tambah batubara dengan cara memanfaatkan batubara bawah permukaan yang dikonversi ke dalam bentuk gas sekaligus lebih ramah lingkungan melalui metode underground coal gasification (UCG). Upaya tersebut mengkaji potensi di tiga lokasi prospek yang mengacu pada beberapa parameter yang telah ditentukan kemudian disimpulkan bahwa terdapat satu lokasi yang memiliki potensi untuk dikembangkan. 

    Makalah ketiga berupa pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Fault Fracture Density (FFD) yang dibuat pemodelan 3D untuk mengidentifikasi hubungan permeabilitas dengan kemunculan manifestasi panas bumi. Hal tersebut menunjukkan adanya kemunculan mata air panas sebagai manifestasi potensi panas bumi dipengaruhi oleh struktur patahan yang berkembang di daerah penelitian.

    Gunung Rajabasa merupakan objek penelitian pada makalah keempat. Metode yang digunakan mirip dengan makalah sebelumnya yang bertujuan mengidentifikasi zona permeabilitas tinggi berdasarkan analisis Fault Fracture Density (FFD) dan menganalisis keterkaitan antara karakteristik struktur jalur fluida panas bumi ke permukaan dengan lokasi zona reservoar panas bumi.

    Makalah terakhir berupa kajian tentang potensi pemanfaatan energi panas bumi secara langsung pada lokasi panas bumi sistem non vulkanik di Cekungan Kutai. Karakteristik kimia air panas seperti tipe, asal-usul, dan temperatur fluida merupakan dasar pertimbangan untuk rekomendasI pemanfaatannya.

    Kami mengucapkan terimakasih kepada para Penulis, Editor dan Mitra Bestari atas kontribusi dan dukungannya untuk menghadirkan buletin edisi saat ini. Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi dan manajemen yang telah memfasilitasi pengelolaan Buletin Sumber Daya Geologi sehingga dapat menjadi salah satu media penyebaran informasi kebumian yang terakreditasi. Semoga kehadiran Buletin ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dalam bidang ilmu kebumian.

     

    Salam hangat,

     

     

    Dewan Redaksi

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 16 No. 1 (2021)

    PENGANTAR REDAKSI

    Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena saat ini Buletin Sumber Daya Geologi telah dapat hadir kembali sebagai BSDG volume.16 nomor.1 tahun 2021. Buletin ini berdasarkan Keputusan Menristek/Kepala BRIN nomor 200/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 dinyatakan lulus berpredikat tetap pada Peringkat 2 dengan EISSN nomor 25801023 yang berlaku sejak volume.15 nomor 2 Tahun 2020 hingga lima tahun ke depan.

    Edisi kali ini menyajikan lima makalah yang mengkaji tentang potensi panas bumi, gas metana dalam batubara, kandungan minyak dalam batuan serpih, unsur tanah jarang pada batuan yang terkaolinitisasi dan potensi material ekonomis dalam abu batubara hasil pembakaran. Makalah-makalah tersebut dilengkapi teori, metode pengukuran, analisis sampel dan pengolahan data sehingga merupakan hasil kajian yang menarik untuk dibaca lebih lanjut.

    Makalah kesatu merupakan kajian pemanfaatan data magnetotelurik (MT) di daerah panas bumi berupa komparasi pemodelan inversi 1-D, 2-D dan 3-D agar menghasilkan  model yang  realistis dan lebih presisi. Penggunaan metode MT dapat menggambarkan struktur/zona tahanan jenis rendah yang dapat ditafsirkan sebagai lapisan penudung. Zona-zona tersebut biasanya membantu penentuan target wellsite dan memperkirakan potensi / kapasitas  sumber  daya  panas  bumi.  

    Cleat atau rekahan dalam batubara merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pola aliran gas metana dalam lapisan batubara. Makalah kedua ini menguraikan karakteristik microcleat dalam anggota M3 pada Formasi Muaraenim dari beberapa sampel batubara hasil pengeboran pada kedalaman yang berbeda.

    Makalah selanjutnya mengulas tentang alternatif sumber daya energi fosil yang dapat diperoleh dari kandungan minyak dalam batuan serpih. Kajian ini menguraikan karakter serpih dari beberapa sampel hasil pengeboran yang menunjukkan data adanya kandungan minyak dalam batuan tersebut.

    Makalah keempat mempelajari tentang potensi pengayaan bahan ekonomis seperti besi, alumina dan unsur tanah jarang (UTJ) dalam batuan gunungapi yang mengalami pelapukan kaolinitisasi. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dan analisis sampel pada beberapa horizon di daerah penelitian, terdapat peningkatan kadar alumina dan besi akibat proses pelapukan namun jumlahnya belum ekonomis, sedangkan untuk UTJ tidak terdapat pengayaan pada horizon pelapukan tertentu pada profil yang diteliti.

    Makalah terakhir berupa tinjauan pustaka tentang abu yang dihasilkan dari pembakaran batubara berupa Fly Ash and Bottom Ash (FABA) yang memiliki potensi secara ekonomis karena mengandung beberapa unsur berharga, selain saat ini telah dimanfaatkan sebagai material geopolimer. Kajian ini mengulas tentang karakteristik kimia dan fisika, potensi dan peluang pemanfaatan FABA.

    Dewan Redaksi mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Penulis, Editor dan Mitra Bestari atas kontribusi dan dukungannya untuk menghadirkan edisi saat ini. Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi dan pihak manajemen yang telah memfasilitasi pengelolaan Buletin Sumber Daya Geologi sehingga dapat hadir diantara para pembaca hingga tahun ke enam belas. Semoga kehadiran Buletin ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dalam bidang ilmu kebumian.

     

    Hormat Kami

    Dewan Redaksi

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 15 No. 3 (2020)

    PENGANTAR REDAKSI

     Buletin Sumber Daya Geologi kembali hadir di akhir Bulan November 2020 berupa volume.15 nomor.3. Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, kali ini lima makalah yang hadir mengulas tentang potensi mineral, batubara dan panas bumi hanya di Pulau Sumatra yang tersebar di tiga provinsi, yaitu Sumatra Selatan, Sumatra Barat dan Sumatra Utara.

    Makalah pertama menyajikan penggunaan metode polarisasi terinduksi dalam eksplorasi bijih besi di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatra Barat. Pemodelan 2D dilakukan untuk menghasilkan penampang resistivitas dan chargeabilitas dari setiap lintasan sedangkan pemodelan 3D untuk melihat persebaran zona mineralisasi bijih besi secara vertikal maupun horizontal yang memperlihatkan kemenerusan zona mineralisasi relatif berarah baratdaya-timurlaut dengan volume sebesar 864.000 m3 .

    Identifikasi karakter alterasi dan variasi tekstur urat kuarsa pada sebuah lubang tambang di Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatra Utara merupakan makalah kedua yang hadir. Penyelidikan ini mengungkapkan adanya variasi zona alterasi yang dicirikan dengan kehadiran mineral-mineral ubahan dan beragamnya tekstur urat kuarsa di lokasi tersebut yang ditunjukkan dengan gambar-gambar menarik sebagai bukti terjadinya mineralisasi.

    Makalah ketiga berupa estimasi sumber daya batubara di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan. Penyelidikan dilakukan dengan membuat model geologi secara 2D dan 3D yang dipergunakan untuk estimasi sumber daya batubara. Faktor-faktor yang dipertimbangkan meliputi kompleksitas geologi, distribusi kualitas batubara, pemetaan bawah permukaan dan pembuatan model geologi dari hasil kegiatan pengeboran. Didukung oleh pengolahan data dengan menggunakan aplikasi komputer diperoleh estimasi besarnya sumber daya lima lapisan batubara dan total keseluruhan lapisan batubara di wilayah tersebut.

    Makalah keempat berupa kajian tentang peluang pembentukan grafit sintetis yang berasal dari batubara yang terpanaskan secara alami akibat pengaruh intrusi batuan beku di Tambang Air Laya, Kabupaten Tanjung Enim, Provinsi Sumatra Selatan.

    Sedangkan makalah yang terakhir berupa kajian aliran panas pada sistem fluida di wilayah panas bumi Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Barat. Penentuan pola aliran fluida sangat dibutuhkan sebagai petunjuk bagi kegiatan eksplorasi dan eksploitasi selanjutnya.

    Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi dan jajaran manajemen yang selalu mendukung dalam pengelolaan buletin ilmiah ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para Mitra Bestari yang selalu siap menyumbangkan wawasannya sesuai dengan keahliannya. Saat ini Buletin Sumber Daya Geologi sedang mengikuti proses reakreditasi. Semoga dengan kehadiran yang konsisten dan substansi bahasan yang menarik dan berkualitas, diharapkan kembali memperoleh status terakreditasi dari Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia.

    Salam sehat, selalu semangat dan terus berkontribusi dalam menulis karya tulis ilmiah.

     

    Hormat Kami

    Dewan Redaksi

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 15 No. 2 (2020)

    PENGANTAR REDAKSI

    Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) pada akhir Agustus 2020 kembali menerbitkan Buletin Sumber Daya Geologi, volume -15 nomor 2 tahun 2020. Pada setiap penerbitannya, dihadirkan lima makalah yang membahas tentang potensi mineral dan energi. Edisi saat ini hadir dengan bahasan yang cukup beragam, yaitu tentang mineral, gambut, batubara dan panas bumi yang ditinjau dari berbagai aspek.

    Analisis struktur yang dikombinasikan dengan bukti mineralisasi dan alterasi di lapangan merupakan suatu kajian yang menarik untuk dibaca. Hal ini menghasilkan rekomendasi penyelidikan lebih lanjut pada enam wilayah prospek logam mulia di Blok Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

    Selanjutnya, potensi keberadaan unsur-unsur kimia ekonomis pada Brine Water di lapangan panas bumi PLTP Dieng diungkapkan dalam makalah kedua. Hal ini memberi kemungkinan peluang pemanfaatan komoditas lain, selain uap panas bumi yang telah terbukti menjadi sumber energi ramah lingkungan.

    Makalah ketiga membahas tentang besarnya sumber daya gambut berdasarkan hasil penyelidikan lapangan dan alternatif pemanfaatannya untuk adsorben logam berat. Hal ini  dapat merupakan salah satu peluang pemanfaatan gambut di Indonesia.

    Fluiditas batubara menjadi bahasan pada makalah, selanjutnya Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kandungan abu dan zat terbang terhadap maksimum fluiditas batubara. Hal ini merupakan salah satu parameter penting yang sangat berkaitan dengan kualitas dan kekuatan kokas yang dihasilkan.

    Makalah terakhir membahas tentang penentuan zonasi secara vertikal pada sumur pengeboran panas bumi, sehingga dapat ditentukan batuan penudung, transisi dan reservoarnya pada kedalaman tertentu. Pendekatan yang digunakan berupa analisis petrografis dan metilen biru (MeB) yang didukung oleh uji tekanan dan temperatur.

    Penampilan makalah-makalah tersebut di dalam buletin ilmiah ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca. Selain itu, buletin ini diharapkan  dapat dijadikan  sarana untuk menyalurkan informasi hasil penyelidikan dari para ahli kebumian yang ditulis dengan standar Karya Tulis Ilmiah yang baku.

    Selanjutnya, Dewan Redaksi mengucapkan terima kasih kepada Kepala PSDMBP dan jajaran manajemen pendukungnya yang selalu berperan penuh dalam menerbitkan buletin ilmiah ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para Mitra Bestari yang selalu siap menyumbangkan wawasannya sesuai dengan keahliannya, Tahun ini, buletin ilmiah ini bersiap untuk mengikuti proses reakreditasi. Semoga dengan kehadiran yang konsisten dan substansi bahasan yang menarik dan berkualitas, insya Allah buletin ilmiah ini akan kembali memperoleh status terakreditasi dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

    Salam sehat, selalu semangat dan terus berkontribusi dalam menulis karya tulis ilmiah.

     

    Salam hangat,

    Dewan Redaksi

  • Buletin Sumber Daya Geologi Volume 15 Nomor 1 Tahun 2020 Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 15 No. 1 (2020)

    PENGANTAR REDAKSI

    Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena atas izin-Nya lah walaupun saat ini dunia mengalami pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita untuk tinggal di rumah, namun Buletin Sumber Daya Geologi volume ke-15 nomor.1 dapat hadir tepat waktu di Bulan Mei 2020. Buletin ini secara konsisten menghadirkan lima makalah pada setiap terbitannya. Edisi saat ini didominasi oleh kajian tentang panas bumi yang hadir sebanyak empat makalah, sedangkan satu makalah lainnya berhubungan dengan eksplorasi mineral yang menggunakan metode geokimia.

    Makalah-makalah tentang panas bumi antara lain berupa pemanfaatan metode XRD untuk menganalisis conto-conto batuan terubah dari sumur bor yang memberikan petunjuk adanya hubungan keterdapatan mineral smektit, illit, kaolinit dan haloisit dengan pembentukan sebuah sistem panas bumi. Selanjutnya tentang survey geofisika dengan metode gayaberat di suatu wilayah yang mampu mengungkap keberadaan struktur sesar dan jenis-jenis litologi yang menyusunnya, dimana hal tersebut mempengaruhi munculnya mata air panas di lapangan panas bumi Natar, Provinsi Lampung.

    Makalah lainnya berupa penggunaan metode Thermoluminescence yang merupakan metode baru yang diaplikasikan di lapangan panas bumi untuk mengetahui umur batuan sekaligus mendukung rekontruksi sejarah geologi yang berhubungan dengan aktivitas termal di daerah penyelidikan. Makalah ke empat berupa penyelidikan panas bumi di Way Selabung, Provinsi Lampung dengan memanfaatkan data Magnetotellurik sehingga dapat menentukan letak, delineasi, dan kedalaman sistem panas bumi sekaligus membuat model tentative geologi secara 2 Dimensi.

    Sedangkan makalah yang berhubungan dengan komoditas mineral yaitu tinjauan tentang eksplorasi geokimia regional berupa pengambilan conto sedimen sungai dan konsentrat dulang yang ditunjang oleh pengamatan geologi di lapangan. Kemudian conto-conto tersebut dianalisis di Laboratorium Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, data hasil analisis selanjutnya dilakukan pengolahan mengunakan perangkat lunak untuk menghasilkan peta sebaran unsur dan kekerabatannya sehingga dapat mendelineasi beberapa daerah prospek atau potensi unsur tertentu.

    Kami mengucapkan terimakasih kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi serta pihak manajemen lainnya yang selalu mendukung keberadaan Buletin Sumber Daya Geologi. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada para Mitra Bebestari yang selalu siap berkontribusi sesuai dengan keahliannya, Dewan Editor, Dewan Redaksi dan Tim Sekretariat serta para penulis sehingga Buletin Sumber Daya Geologi yang telah memasuki usia yang ke 15 mampu hadir secara konsisten dalam bentuk cetakan maupun digital untuk masyarakat yang selalu menanti dan membutuhkan informasi tentang potensi mineral dan energi serta metode eksplorasi dan pengolahan data yang dilakukannya.

    Salam Sehat dan Selalu Semangat

     

    Salam hangat,

    Dewan Redaksi

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 14 No. 3 (2019)

    Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas diterbitkannya Buletin Sumber Daya Geologi volume 14 edisi ketiga pada Bulan November sebagai edisi terakhir di tahun 2019. Buletin ini berisi lima artikel yang bahasannya antara lain tentang penggunaan metode survei geofisika berupa magnetotellurik dan gaya berat yang hasilnya dapat mempertajam delineasi wilayah prospek panas bumi, identifikasi tipe mineralisasi cebakan mineral logam berdasarkan keberadaan jenis mineral ubahan, mineral bijih dan tekstur pada batuannya. Selanjutnya kajian potensi logam tanah jarang di dalam lapisan batubara pada Formasi Muaraenim, kajian pendahuluan tentang peluang pemanfaatan gambut sebagai sumber energi dan artikel terakhir berupa pengolahan data geokimia untuk memperoleh informasi tentang sebaran unsur dan asosiasinya, tipe mineralisasi dan wilayah prospek di daerah tersebut.

    Artikel pertama berupa penerapan kombinasi metode magnetotellurik dengan gaya berat dalam eksplorasi potensi panas bumi di Pulau Pantar, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kajian ini menggambarkan pemanfaatan koreksi topografi yang mendukung proses pengolahan dua metode geofisika tersebut sehingga hasilnya mempertajam wilayah prospek panas bumi tersebut.

    Artikel kedua mengulas tentang identifikasi tipe mineralisasi suatu daerah prospek dengan melakukan pengamatan di lapangan dan analisis conto di laboratorium. Selanjutnya berdasarkan data mineral ubahan, kandungan mineral bijih dan tekstur pada batuan yang diperoleh daric onto di lapangan, maka diinterpretasikan tipe mineralisasi daerah tersebut berupa cebakan epitermal sulfidasi tinggi.

    Artikel ketiga mengulas tentang peluang pemanfaatan gambut sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa pemetaan geologi, pengeboran sebanyak 56 titik hingga kedalaman maksimal 10 meter, analisis conto, perhitungan sumber daya, pertimbangan faktor beban, kapasitas dan efisiensi termal serta peraturan yang berlaku.

    Artikel keempat mengulas tentang potensi logam tanah jarang yang ditinjau dari sisi karakteristik dan genesis pada lapisan batubara Formasi Muaraenim. Hal ini diperkirakan berhubungan dengan kondisi geologi yang spesifik yang menyebabkan terjadinya pengayaan logam tanah jarang dalam lapisan batubara.

    Kajian geokimia hadir sebagai artikel terakhir berupa pengolahan data hasil analisis conto sedimen sungai aktif yang menggunakan metode univariate dan multivariate sehingga diperoleh informasi sebaran unsur, asosiasi unsur, tipe mineralisasi dan wilayah prospek.

    Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, para pejabat struktural di PSDMBP, Mitra Bestari, Editor, Penulis dan Tim Sekretariat, sehingga Buletin Sumber Daya Geologi dapat hadir kepada masyarakat umum hingga edisi terakhir di tahun 2019. Semoga kehadiran Buletin Sumber Daya Geologi dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca khususnya dalam bidang ilmu kebumian.

     

    Salam hangat,

     

    Dewan Redaksi

     

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 14 No. 2 (2019)

    Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena atas izin-Nya Buletin Sumber Daya Geologi edisi kedua dapat dihadirkan pada Bulan Agustus tahun 2019. Lima artikel yang dimuat membahas hal yang berhubungan dengan mineralisasi dan alterasi cebakan mineral logam di dua lokasi berbeda, aplikasi geostatistik untuk estimasi potensi energi panas bumi di Cekungan Sumatera Tengah, pemanfaatan data magnetotellurik inversi 2D dan 3D dalam penyelidikan panas bumi dan penggunaan metode ordinary point kriging dalam penambangan batubara untuk memperoleh informasi besarnya sumber daya dan cadangan batubara.

    Artikel pertama berupa kajian tentang kondisi geologi dan karakteristik bijih di Martabe pada salah satu lokasi tambangnya yaitu Ramba Joring, pembaca akan mengenal lebih rinci beragam alterasi dan mineral-mineral yang hadir pada daerah yang memiliki kandungan emas tersebut.

    Selanjutnya hadir artikel yang mengulas kondisi geologi daerah Big Gosan yang merupakan salah satu lokasi tambang emas di Mimika, Papua. Artikel ini menguraikan secara rinci jenis-jenis alterasi dan mineralisasi yang hadir pada kedalaman 2600 mdpl dan 2640 mdpl dari data bor yang didukung oleh conto-conto sayatan tipis yang menarik dengan hasil deskripsi menggunakan mikroskop.

    Kajian tentang panas bumi hadir dalam dua artikel. Artikel kesatu berupa ulasan tentang pengolahan data hasil pengeboran dalam untuk memperoleh informasi potensi panas bumi dalam sebuah sistem cekungan. Artikel kedua berupa pemanfaatan metode magnetotelurik inversi 2-D dan 3-D pada daerah panas bumi sehingga dapat memberikan hasil delineasi area prospek yang lebih jelas.

    Artikel terakhir berhubungan dengan pemanfaatan sebuah aplikasi open source dengan metode statistik ordinary point kriging dalam suatu pertambangan batubara. Metode ini diaplikasikan untuk mengestimasi nilai kualitas batubara yang tidak diambil contonya diantara beberapa conto yg telah dianalisis, sehingga dapat memberikan estimasi nilai yang cepat, lebih mudah dan akurat.

    Dewan Redaksi mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Penulis, Editor dan Mitra Bestari atas partisipasinya dalam menghadirkan Buletin edisi ini. Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi dan pihak manajemen yang telah memfasilitasi pengelolaan Buletin Sumber Daya Geologi sehingga dapat hadir diantara para pembaca hingga tahun ke-14. Semoga kehadiran Buletin Sumber Daya Geologi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dalam bidang ilmu kebumian.

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 14 No. 1 (2019)

    Buletin Sumber Daya Geologi kembali kami hadirkan kepada masyarakat pada Bulan Mei sebagai edisi perdana di tahun 2019. Ditinjau dari ragam bahasan, edisi buletin ini cukup lengkap karena berisi lima artikel yang mengkaji tentang mineral logam, mineral bukan logam dan batuan, batubara dan panas bumi dengan menggunakan berbagai macam metode.

    Artikel tentang mineral bukan logam dan batuan berupa kajian keterdapatan batuan pembawa unsur kalium di daerah Jepara yang dapat dijadikan sebagai salah satu jenis unsur hara makro untuk bahan pembuatan pupuk majemuk, sehingga hal tersebut dapat menyokong program ketahanan pangan nasional.

    Selanjutnya terdapat 2 artikel yang membahas tentang mineral logam, yaitu artikel tentang mineral emas pada zona oksidasi yang ditinjau pada sisi alterasi dan mineralisasinya. Artikel lainnya berupa tinjauan geokimia bijih dan konsentrat cebakan tembaga emas porfiri di Grasberg, Papua yang membahas peluang pemanfaatan unsur-unsur ikutan lainnya selain Au, Cu dan Ag yang sudah terbukti ekonomis.

    Artikel tentang panas bumi berupa pemodelan isotermal 3 dimensi untuk memahami kondisi temperatur bawah permukaan pada suatu daerah. Metode ini difokuskan pada pengolahan data geokimia mata air panas yang didukung oleh data geologi dan geofisika, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan rekomendasi bagi tahapan penyelidikan lebih lanjut

    Artikel terakhir berupa kajian tentang batubara pada Formasi Dahor dengan metode petrografi dan geokimia untuk mengetahui karakteristik dan peringkat batubara serta material organik pembentuknya.

    Pada kesempatan ini, Dewan Redaksi mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Penulis, Editor dan Mitra Bestari atas partisipasinya dalam menghadirkan edisi ini. Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi dan pihak manajemen yang telah memfasilitasi pengelolaan Buletin Sumber Daya Geologi sehingga dapat hadir diantara para pembaca hingga tahun ke empat belas. Semoga kehadiran Buletin ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dalam bidang ilmu kebumian. 

     

    Salam hangat,

     

    Dewan Redaksi

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 13 No. 3 (2018)

    Menutup edisi Tahun 2018, Buletin Sumber Daya Geologi Volume.13, Nomor 3 menghadirkan 5 artikel yang didominasi oleh kajian tentang potensi panas bumi di Indonesia sedangkan 1 artikel berupa kajian unsur dalam batuan ultramafik.

    Kajian tentang potensi panas bumi hadir dalam empat artikel yang berbeda. Artikel pertama menyajikan pemanfaatan hasil analisis metode magnetotelurik untuk mengetahui sistem panas bumi suatu daerah prospek. Artikel kedua menyajikan pemanfaatan metode analisis petrografi dan X-Ray Diffraction (XRD) untuk mengetahui himpunan mineral alterasi di daerah Gunung Rendingan, Provinsi Lampung yang diperoleh dari analisis conto batuan di permukaan dan serbuk bor dari beberapa lubang pengeboran. Artikel selanjutnya berupa kajian vulkanostratigrafi yang dijadikan salah satu dasar untuk mengevaluasi prospek daerah panas bumi Gunung Lawu. Sedangkan artikel terakhir yang berkaitan dengan potensi panas bumi yaitu studi kasus tentang evaluasi cadangan mungkin pada dua lapangan panas bumi vulkanik yang didominasi oleh air dan di lapangan panas bumi yang didominasi oleh uap.  Artikel yang sedikit berbeda yaitu ulasan kelimpahan unsur major dan minor pada batuan ultramafik berdasarkan perbedaan zona laterit di Pulau Pakal, Halmahera Timur.

    Hadirnya kelima artikel dalam edisi terakhir ini melengkapi lima belas artikel yang telah diunggah dan dicetak dalam Buletin Sumber Daya Geologi volume ke.13 Tahun 2018. Selain itu terdapat beberapa artikel yang masih dalam proses penelaahan oleh para Reviewer.

    Pada kesempatan ini, Dewan Redaksi menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada para Penulis, Editor dan Mitra Bestari atas partisipasinya dalam menghadirkan tiga edisi Buletin selama tahun 2018. Ucapan terima kasih pun disampaikan kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi dan pihak manajemen yang telah memfasilitasi pengelolaan Buletin Sumber Daya Geologi sehingga selalu hadir diantara para pembaca. Semoga kehadiran Buletin ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dalam bidang ilmu kebumian.

     

    Salam hangat,

     

    Dewan Redaksi

     

     

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 13 No. 2 (2018)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 13 No. 1 (2018)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 12 No. 3 (2017)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 12 No. 2 (2017)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 12 No. 1 (2017)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 11 No. 3 (2016)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 11 No. 2 (2016)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 11 No. 1 (2016)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 10 No. 3 (2015)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 10 No. 2 (2015)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 10 No. 1 (2015)
1-25 of 47