Archives

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 14 No. 3 (2019)

    Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas diterbitkannya Buletin Sumber Daya Geologi volume 14 edisi ketiga pada Bulan November sebagai edisi terakhir di tahun 2019. Buletin ini berisi lima artikel yang bahasannya antara lain tentang penggunaan metode survei geofisika berupa magnetotellurik dan gaya berat yang hasilnya dapat mempertajam delineasi wilayah prospek panas bumi, identifikasi tipe mineralisasi cebakan mineral logam berdasarkan keberadaan jenis mineral ubahan, mineral bijih dan tekstur pada batuannya. Selanjutnya kajian potensi logam tanah jarang di dalam lapisan batubara pada Formasi Muaraenim, kajian pendahuluan tentang peluang pemanfaatan gambut sebagai sumber energi dan artikel terakhir berupa pengolahan data geokimia untuk memperoleh informasi tentang sebaran unsur dan asosiasinya, tipe mineralisasi dan wilayah prospek di daerah tersebut.

    Artikel pertama berupa penerapan kombinasi metode magnetotellurik dengan gaya berat dalam eksplorasi potensi panas bumi di Pulau Pantar, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kajian ini menggambarkan pemanfaatan koreksi topografi yang mendukung proses pengolahan dua metode geofisika tersebut sehingga hasilnya mempertajam wilayah prospek panas bumi tersebut.

    Artikel kedua mengulas tentang identifikasi tipe mineralisasi suatu daerah prospek dengan melakukan pengamatan di lapangan dan analisis conto di laboratorium. Selanjutnya berdasarkan data mineral ubahan, kandungan mineral bijih dan tekstur pada batuan yang diperoleh daric onto di lapangan, maka diinterpretasikan tipe mineralisasi daerah tersebut berupa cebakan epitermal sulfidasi tinggi.

    Artikel ketiga mengulas tentang peluang pemanfaatan gambut sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa pemetaan geologi, pengeboran sebanyak 56 titik hingga kedalaman maksimal 10 meter, analisis conto, perhitungan sumber daya, pertimbangan faktor beban, kapasitas dan efisiensi termal serta peraturan yang berlaku.

    Artikel keempat mengulas tentang potensi logam tanah jarang yang ditinjau dari sisi karakteristik dan genesis pada lapisan batubara Formasi Muaraenim. Hal ini diperkirakan berhubungan dengan kondisi geologi yang spesifik yang menyebabkan terjadinya pengayaan logam tanah jarang dalam lapisan batubara.

    Kajian geokimia hadir sebagai artikel terakhir berupa pengolahan data hasil analisis conto sedimen sungai aktif yang menggunakan metode univariate dan multivariate sehingga diperoleh informasi sebaran unsur, asosiasi unsur, tipe mineralisasi dan wilayah prospek.

    Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, para pejabat struktural di PSDMBP, Mitra Bestari, Editor, Penulis dan Tim Sekretariat, sehingga Buletin Sumber Daya Geologi dapat hadir kepada masyarakat umum hingga edisi terakhir di tahun 2019. Semoga kehadiran Buletin Sumber Daya Geologi dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca khususnya dalam bidang ilmu kebumian.

     

    Salam hangat,

     

    Dewan Redaksi

     

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 14 No. 2 (2019)

    Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena atas izin-Nya Buletin Sumber Daya Geologi edisi kedua dapat dihadirkan pada Bulan Agustus tahun 2019. Lima artikel yang dimuat membahas hal yang berhubungan dengan mineralisasi dan alterasi cebakan mineral logam di dua lokasi berbeda, aplikasi geostatistik untuk estimasi potensi energi panas bumi di Cekungan Sumatera Tengah, pemanfaatan data magnetotellurik inversi 2D dan 3D dalam penyelidikan panas bumi dan penggunaan metode ordinary point kriging dalam penambangan batubara untuk memperoleh informasi besarnya sumber daya dan cadangan batubara.

    Artikel pertama berupa kajian tentang kondisi geologi dan karakteristik bijih di Martabe pada salah satu lokasi tambangnya yaitu Ramba Joring, pembaca akan mengenal lebih rinci beragam alterasi dan mineral-mineral yang hadir pada daerah yang memiliki kandungan emas tersebut.

    Selanjutnya hadir artikel yang mengulas kondisi geologi daerah Big Gosan yang merupakan salah satu lokasi tambang emas di Mimika, Papua. Artikel ini menguraikan secara rinci jenis-jenis alterasi dan mineralisasi yang hadir pada kedalaman 2600 mdpl dan 2640 mdpl dari data bor yang didukung oleh conto-conto sayatan tipis yang menarik dengan hasil deskripsi menggunakan mikroskop.

    Kajian tentang panas bumi hadir dalam dua artikel. Artikel kesatu berupa ulasan tentang pengolahan data hasil pengeboran dalam untuk memperoleh informasi potensi panas bumi dalam sebuah sistem cekungan. Artikel kedua berupa pemanfaatan metode magnetotelurik inversi 2-D dan 3-D pada daerah panas bumi sehingga dapat memberikan hasil delineasi area prospek yang lebih jelas.

    Artikel terakhir berhubungan dengan pemanfaatan sebuah aplikasi open source dengan metode statistik ordinary point kriging dalam suatu pertambangan batubara. Metode ini diaplikasikan untuk mengestimasi nilai kualitas batubara yang tidak diambil contonya diantara beberapa conto yg telah dianalisis, sehingga dapat memberikan estimasi nilai yang cepat, lebih mudah dan akurat.

    Dewan Redaksi mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Penulis, Editor dan Mitra Bestari atas partisipasinya dalam menghadirkan Buletin edisi ini. Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi dan pihak manajemen yang telah memfasilitasi pengelolaan Buletin Sumber Daya Geologi sehingga dapat hadir diantara para pembaca hingga tahun ke-14. Semoga kehadiran Buletin Sumber Daya Geologi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dalam bidang ilmu kebumian.

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 14 No. 1 (2019)

    Buletin Sumber Daya Geologi kembali kami hadirkan kepada masyarakat pada Bulan Mei sebagai edisi perdana di tahun 2019. Ditinjau dari ragam bahasan, edisi buletin ini cukup lengkap karena berisi lima artikel yang mengkaji tentang mineral logam, mineral bukan logam dan batuan, batubara dan panas bumi dengan menggunakan berbagai macam metode.

    Artikel tentang mineral bukan logam dan batuan berupa kajian keterdapatan batuan pembawa unsur kalium di daerah Jepara yang dapat dijadikan sebagai salah satu jenis unsur hara makro untuk bahan pembuatan pupuk majemuk, sehingga hal tersebut dapat menyokong program ketahanan pangan nasional.

    Selanjutnya terdapat 2 artikel yang membahas tentang mineral logam, yaitu artikel tentang mineral emas pada zona oksidasi yang ditinjau pada sisi alterasi dan mineralisasinya. Artikel lainnya berupa tinjauan geokimia bijih dan konsentrat cebakan tembaga emas porfiri di Grasberg, Papua yang membahas peluang pemanfaatan unsur-unsur ikutan lainnya selain Au, Cu dan Ag yang sudah terbukti ekonomis.

    Artikel tentang panas bumi berupa pemodelan isotermal 3 dimensi untuk memahami kondisi temperatur bawah permukaan pada suatu daerah. Metode ini difokuskan pada pengolahan data geokimia mata air panas yang didukung oleh data geologi dan geofisika, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan rekomendasi bagi tahapan penyelidikan lebih lanjut

    Artikel terakhir berupa kajian tentang batubara pada Formasi Dahor dengan metode petrografi dan geokimia untuk mengetahui karakteristik dan peringkat batubara serta material organik pembentuknya.

    Pada kesempatan ini, Dewan Redaksi mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Penulis, Editor dan Mitra Bestari atas partisipasinya dalam menghadirkan edisi ini. Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi dan pihak manajemen yang telah memfasilitasi pengelolaan Buletin Sumber Daya Geologi sehingga dapat hadir diantara para pembaca hingga tahun ke empat belas. Semoga kehadiran Buletin ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dalam bidang ilmu kebumian. 

     

    Salam hangat,

     

    Dewan Redaksi

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 13 No. 3 (2018)

    Menutup edisi Tahun 2018, Buletin Sumber Daya Geologi Volume.13, Nomor 3 menghadirkan 5 artikel yang didominasi oleh kajian tentang potensi panas bumi di Indonesia sedangkan 1 artikel berupa kajian unsur dalam batuan ultramafik.

    Kajian tentang potensi panas bumi hadir dalam empat artikel yang berbeda. Artikel pertama menyajikan pemanfaatan hasil analisis metode magnetotelurik untuk mengetahui sistem panas bumi suatu daerah prospek. Artikel kedua menyajikan pemanfaatan metode analisis petrografi dan X-Ray Diffraction (XRD) untuk mengetahui himpunan mineral alterasi di daerah Gunung Rendingan, Provinsi Lampung yang diperoleh dari analisis conto batuan di permukaan dan serbuk bor dari beberapa lubang pengeboran. Artikel selanjutnya berupa kajian vulkanostratigrafi yang dijadikan salah satu dasar untuk mengevaluasi prospek daerah panas bumi Gunung Lawu. Sedangkan artikel terakhir yang berkaitan dengan potensi panas bumi yaitu studi kasus tentang evaluasi cadangan mungkin pada dua lapangan panas bumi vulkanik yang didominasi oleh air dan di lapangan panas bumi yang didominasi oleh uap.  Artikel yang sedikit berbeda yaitu ulasan kelimpahan unsur major dan minor pada batuan ultramafik berdasarkan perbedaan zona laterit di Pulau Pakal, Halmahera Timur.

    Hadirnya kelima artikel dalam edisi terakhir ini melengkapi lima belas artikel yang telah diunggah dan dicetak dalam Buletin Sumber Daya Geologi volume ke.13 Tahun 2018. Selain itu terdapat beberapa artikel yang masih dalam proses penelaahan oleh para Reviewer.

    Pada kesempatan ini, Dewan Redaksi menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada para Penulis, Editor dan Mitra Bestari atas partisipasinya dalam menghadirkan tiga edisi Buletin selama tahun 2018. Ucapan terima kasih pun disampaikan kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi dan pihak manajemen yang telah memfasilitasi pengelolaan Buletin Sumber Daya Geologi sehingga selalu hadir diantara para pembaca. Semoga kehadiran Buletin ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dalam bidang ilmu kebumian.

     

    Salam hangat,

     

    Dewan Redaksi

     

     

  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 13 No. 2 (2018)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 13 No. 1 (2018)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 12 No. 3 (2017)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 12 No. 2 (2017)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 12 No. 1 (2017)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 11 No. 3 (2016)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 11 No. 2 (2016)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 11 No. 1 (2016)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 10 No. 3 (2015)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 10 No. 2 (2015)
  • Buletin Sumber Daya Geologi
    Vol. 10 No. 1 (2015)
1-25 of 43