Buletin Sumber Daya Geologi

Buletin Sumber Daya Geologi merupakan Makalah berkala ilmiah terakreditasi LIPI bidang mineral, energi fosil, dan panas bumi. Makalah ini terbit tiga nomor dalam satu tahun pada bulan Mei, Agustus dan November.

Pada Tahun 2010, Buletin Sumber Daya Geologi mendapat Akreditasi B sebagai majalah Berkala Ilmiah, kemudian akreditasi ulang Tahun 2012, dan akreditasi terbaru di Tahun 2015 untuk tiga tahun kedepan dengan nomor ISSN (print) : 1907-5367. Tahun 2017 Buletin Sumber Daya Geologi mendapatkan nomor eISSN : 2580 - 1023 untuk versi onlinenya.
 
Pada Tahun 2018, Buletin Sumber Daya Geologi telah terakreditasi Peringkat 2 oleh Kemenristekdikti sebagai Jurnal Ilmiah.

Announcements

 

Sertifikat Akreditasi Buletin Sumber Daya Geologi Tahun 2018

 
 
Posted: 2018-07-18
 

Call For Papers [Mineral, Energi Fosil, Panas Bumi]

 
 
Posted: 2018-02-19
 
More Announcements...

Vol 13, No 3 (2018): Buletin Sumber Daya Geologi

Menutup edisi Tahun 2018, Buletin Sumber Daya Geologi Volume.13, Nomor 3 menghadirkan 5 artikel yang didominasi oleh kajian tentang potensi panas bumi di Indonesia sedangkan 1 artikel berupa kajian unsur dalam batuan ultramafik.

Kajian tentang potensi panas bumi hadir dalam empat artikel yang berbeda. Artikel pertama menyajikan pemanfaatan hasil analisis metode magnetotelurik untuk mengetahui sistem panas bumi suatu daerah prospek. Artikel kedua menyajikan pemanfaatan metode analisis petrografi dan X-Ray Diffraction (XRD) untuk mengetahui himpunan mineral alterasi di daerah Gunung Rendingan, Provinsi Lampung yang diperoleh dari analisis conto batuan di permukaan dan serbuk bor dari beberapa lubang pengeboran. Artikel selanjutnya berupa kajian vulkanostratigrafi yang dijadikan salah satu dasar untuk mengevaluasi prospek daerah panas bumi Gunung Lawu. Sedangkan artikel terakhir yang berkaitan dengan potensi panas bumi yaitu studi kasus tentang evaluasi cadangan mungkin pada dua lapangan panas bumi vulkanik yang didominasi oleh air dan di lapangan panas bumi yang didominasi oleh uap.  Artikel yang sedikit berbeda yaitu ulasan kelimpahan unsur major dan minor pada batuan ultramafik berdasarkan perbedaan zona laterit di Pulau Pakal, Halmahera Timur.

Hadirnya kelima artikel dalam edisi terakhir ini melengkapi lima belas artikel yang telah diunggah dan dicetak dalam Buletin Sumber Daya Geologi volume ke.13 Tahun 2018. Selain itu terdapat beberapa artikel yang masih dalam proses penelaahan oleh para Reviewer.

Pada kesempatan ini, Dewan Redaksi menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada para Penulis, Editor dan Mitra Bestari atas partisipasinya dalam menghadirkan tiga edisi Buletin selama tahun 2018. Ucapan terima kasih pun disampaikan kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi dan pihak manajemen yang telah memfasilitasi pengelolaan Buletin Sumber Daya Geologi sehingga selalu hadir diantara para pembaca. Semoga kehadiran Buletin ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dalam bidang ilmu kebumian.

 

Salam hangat,

 

Dewan Redaksi

 

 

Full Issue

View or download the full issue PDF (Bahasa Indonesia)

Table of Contents

Buletin Sumber Daya Geologi

Iqbal Takodama, Ahmad Zarkasyi, Mochammad Nur Hadi, Ratna Dewi
140-154
Fiandri Indragunawan Rinawan, Mega Fatimah Rosana, Mohammad N Heriawan, Euis Tintin Yuningsih
155-175
Dewi Gentana, Nana Sulaksana, Emi Sukiyah, Euis Tintin Yuningsih
177-198
Dudi Hermawan, Lano Adhitya Permana
199-213
Lia Putriyana
215-225