Current Issue

Vol. 16 No. 2 (2021): Buletin Sumber Daya Geologi

Buletin Sumber Daya Geologi volume.16 nomor.2 telah hadir kembali di akhir Bulan Agustus 2021. Berdasarkan Keputusan Menristek/Kepala BRIN nomor 200/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020, BSDG dinyatakan lulus berpredikat Peringkat 2 dengan EISSN nomor 25801023 yang berlaku sejak volume.15 nomor 2 Tahun 2020 hingga lima tahun selanjutnya.

Lima makalah yang hadir pada edisi ini tentang karakteristik fluida pembawa mineralisasi, peningkatan nilai tambah batubara dan tiga makalah tentang panas bumi yang membahas tentang pemanfaatan penginderaan jauh dan metode lainnya untuk mengidentifikasi pengaruh struktur terhadap potensi panas bumi dan peluang pemanfaatan langsung energi panas bumi.

Makalah pertama berupa kajian tentang penggunaan analisis inklusi fluida untuk mengidentifikasi evolusi cebakan tipe hidrotermal dan jenis fluida pembawa mineralisasi pada Pit Ramba Joring. Berdasarkan data hasil pengukuran temperatur, tekanan, densitas dan kedalaman pembentukan mineralisasi dapat diketahui jenis fluida pembawa mineralisasi tersebut.

Selanjutnya makalah tentang upaya meningkatkan nilai tambah batubara dengan cara memanfaatkan batubara bawah permukaan yang dikonversi ke dalam bentuk gas sekaligus lebih ramah lingkungan melalui metode underground coal gasification (UCG). Upaya tersebut mengkaji potensi di tiga lokasi prospek yang mengacu pada beberapa parameter yang telah ditentukan kemudian disimpulkan bahwa terdapat satu lokasi yang memiliki potensi untuk dikembangkan. 

Makalah ketiga berupa pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Fault Fracture Density (FFD) yang dibuat pemodelan 3D untuk mengidentifikasi hubungan permeabilitas dengan kemunculan manifestasi panas bumi. Hal tersebut menunjukkan adanya kemunculan mata air panas sebagai manifestasi potensi panas bumi dipengaruhi oleh struktur patahan yang berkembang di daerah penelitian.

Gunung Rajabasa merupakan objek penelitian pada makalah keempat. Metode yang digunakan mirip dengan makalah sebelumnya yang bertujuan mengidentifikasi zona permeabilitas tinggi berdasarkan analisis Fault Fracture Density (FFD) dan menganalisis keterkaitan antara karakteristik struktur jalur fluida panas bumi ke permukaan dengan lokasi zona reservoar panas bumi.

Makalah terakhir berupa kajian tentang potensi pemanfaatan energi panas bumi secara langsung pada lokasi panas bumi sistem non vulkanik di Cekungan Kutai. Karakteristik kimia air panas seperti tipe, asal-usul, dan temperatur fluida merupakan dasar pertimbangan untuk rekomendasI pemanfaatannya.

Kami mengucapkan terimakasih kepada para Penulis, Editor dan Mitra Bestari atas kontribusi dan dukungannya untuk menghadirkan buletin edisi saat ini. Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi dan manajemen yang telah memfasilitasi pengelolaan Buletin Sumber Daya Geologi sehingga dapat menjadi salah satu media penyebaran informasi kebumian yang terakreditasi. Semoga kehadiran Buletin ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dalam bidang ilmu kebumian.

 

Salam hangat,

 

 

Dewan Redaksi

Published: 2021-08-24

Buletin Sumber Daya Geologi

View All Issues