Vol 14, No 3 (2019)

Buletin Sumber Daya Geologi

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas diterbitkannya Buletin Sumber Daya Geologi volume 14 edisi ketiga pada Bulan November sebagai edisi terakhir di tahun 2019. Buletin ini berisi lima artikel yang bahasannya antara lain tentang penggunaan metode survei geofisika berupa magnetotellurik dan gaya berat yang hasilnya dapat mempertajam delineasi wilayah prospek panas bumi, identifikasi tipe mineralisasi cebakan mineral logam berdasarkan keberadaan jenis mineral ubahan, mineral bijih dan tekstur pada batuannya. Selanjutnya kajian potensi logam tanah jarang di dalam lapisan batubara pada Formasi Muaraenim, kajian pendahuluan tentang peluang pemanfaatan gambut sebagai sumber energi dan artikel terakhir berupa pengolahan data geokimia untuk memperoleh informasi tentang sebaran unsur dan asosiasinya, tipe mineralisasi dan wilayah prospek di daerah tersebut.

Artikel pertama berupa penerapan kombinasi metode magnetotellurik dengan gaya berat dalam eksplorasi potensi panas bumi di Pulau Pantar, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kajian ini menggambarkan pemanfaatan koreksi topografi yang mendukung proses pengolahan dua metode geofisika tersebut sehingga hasilnya mempertajam wilayah prospek panas bumi tersebut.

Artikel kedua mengulas tentang identifikasi tipe mineralisasi suatu daerah prospek dengan melakukan pengamatan di lapangan dan analisis conto di laboratorium. Selanjutnya berdasarkan data mineral ubahan, kandungan mineral bijih dan tekstur pada batuan yang diperoleh daric onto di lapangan, maka diinterpretasikan tipe mineralisasi daerah tersebut berupa cebakan epitermal sulfidasi tinggi.

Artikel ketiga mengulas tentang peluang pemanfaatan gambut sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa pemetaan geologi, pengeboran sebanyak 56 titik hingga kedalaman maksimal 10 meter, analisis conto, perhitungan sumber daya, pertimbangan faktor beban, kapasitas dan efisiensi termal serta peraturan yang berlaku.

Artikel keempat mengulas tentang potensi logam tanah jarang yang ditinjau dari sisi karakteristik dan genesis pada lapisan batubara Formasi Muaraenim. Hal ini diperkirakan berhubungan dengan kondisi geologi yang spesifik yang menyebabkan terjadinya pengayaan logam tanah jarang dalam lapisan batubara.

Kajian geokimia hadir sebagai artikel terakhir berupa pengolahan data hasil analisis conto sedimen sungai aktif yang menggunakan metode univariate dan multivariate sehingga diperoleh informasi sebaran unsur, asosiasi unsur, tipe mineralisasi dan wilayah prospek.

Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, para pejabat struktural di PSDMBP, Mitra Bestari, Editor, Penulis dan Tim Sekretariat, sehingga Buletin Sumber Daya Geologi dapat hadir kepada masyarakat umum hingga edisi terakhir di tahun 2019. Semoga kehadiran Buletin Sumber Daya Geologi dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca khususnya dalam bidang ilmu kebumian.

 

Salam hangat,

 

Dewan Redaksi

 

Full Issue

View or download the full issue EDISI LENGKAP

Table of Contents

Buletin Sumber Daya Geologi

Tony Rahadinata, Iqbal Takodama, Ahmad Zarkasyi
156-168
Edya Putra, Bambang Nugrogo Widi, Rudy Gunradi
170-185
Agus Subarnas, Eska Putra Dwitama
186-197
Ferian Anggara, Mutiara Cikasimi, Basuki Rahmat, Sigit Arso Wibisono, Rita Susilawati
198-212
Calvin Nanda Suratman, Bambang Priadi, Sulaeman Sulaeman, Hartaja Hatta Wicaksono
214-226