DELINIASI POTENSI BIJIH BESI DI DAERAH SIJUK, BELITUNG UTARA BERDASARKAN ANALISIS DATA GEOMAGNET DAN VERY LOW FREQUENCY (VLF)

  • Tatang Padmawidjaja Pusat Survei Geologi, Badan Geologi

Abstract

Analisis terpadu menggunakan data geomagnet, penampang VLF (Very Low
Frequency) dan uji laboratorium conto batuan di daerah Sijuk, Belitung Utara telah dilakukan untuk memperoleh pola struktur geologi dangkal yang dihubungkan dengan prospek bijih besi. Singkapan bijih besi daerah Sijuk tersusun oleh hematit, Fe, dan gosan yang terletak pada lokasi prospek endapan timah. Secara geologi bongkah bijih besi tersebut merupakan produk dari aktifitas magmatik yang menghasilkan lava basal dan dinamakan Formasi
Siantu.

Anomali geomagnet daerah penelitian ini berkisar antara -200 nT sampai 180 nT, dan penampang data VLF menunjukkan konduktivitas bahan yang diperoleh lebih kecil dari 20%. Dari pengujian conto batuan diperoleh nilai Fe lebih kecil dari 36%. Nilai anomali geomagnet tersebut cenderung meninggi menuju puncak perbukitan seperti di Bukit Bulin, Bukit Menggeris dan Bukit Merung, dan data VLF nilai konduktivitas bahan cenderung menurun hingga lebih kecil dari 20%.

Berdasarkan analisis data geomagnet, penampang VLF maupun uji conto batuan
dapat disimpulkan bahwa daerah Sijuk pada dasarnya tidak menunjukkan potensi bijih besi, dan diperkirakan endapan besi lateritik ini merupakan hasil proses kimiawi dari oksidasi lempung.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharudin dan Sidarto, 1995, Peta Geologi Lembar Belitung skala 1: 250000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Idral, A., 2008, Aplikasi metoda geomagnetik dalam menentukan potensi sumberdaya bijih besi di daerah Bukit Bakar dan Ulu Rabau, Kec. Lembah Gumanti, Kab. Solok, Sumatera Barat, Buletin Pusat Sumberdaya Geologi, Vol. 3, No. 3.

Telford, W.M. , Geldart, L.P., Keys, A., 1990, Applied Geophysics, Cambridge, University Press, London.

Widhiyatna, D., Pohan, M.P., dan Ahdiat A., 2006, Inventarisasi Potensi Bahan galian Wilayah Peti, Daerah Belitung. Prop Bangka Belitung, Pusat Sumber Daya Mineral.

Zaidan, M., Hidayat, W., dan Prayogo, T., 2009, Aplikasi Geomagnet untuk Explorasi Bijih Besi di daerah Kacang Botor, Kab. Belitung Barat, Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia, Vol. 11, No. 2.

Published
2014-05-08
Section
Buletin Sumber Daya Geologi