PROSPEK MINERALISASI EMAS DAN PERAK TIPE HIDROTERMAL DI PULAU JAWA BAGIAN BARAT DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SPASIAL LIKELIHOOD RATIO

  • Denni Widhiyatna Pusat Sumber Daya Geologi
  • Penny Oktaviani Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

Indonesia memiliki rangkaian busur magmatik yang merupakan jalur mineralisasi logam. Untuk mendelineasi daerah prospek mineral emas-perak di daerah potensial tersebut, dapat digunakan metode pemetaan potensi sumberdaya mineral yang diolah dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). Kajian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara deposit emas (Au) - perak (Ag) tipe hidrotermal dengan faktor-faktor yang berhubungan dan mengintegrasikan hubungan tersebut menggunakan model likelihood ratio yang merupakan salah satu model dalam metode probabilitas. Kajian ini menggunakan SIG sebagai alat untuk mendelineasi area-area yang berpotensi dan belum tersentuh kegiatan eksplorasi secara langsung.
Pendekatan empiris ini berdasarkan asumsi bahwa semua deposit mempunyai genesa yang sama, dan mencakup tiga langkah utama yaitu identifikasi hubungan spasial, penghitungan dan integrasi hasil penghitungan dari berbagai faktor yang berhubungan. Untuk itu diperlukan basis data spasial yang terdiri dari lokasi mineralisasi, litologi, sesar, geokimia, dan geofisika pada lokasi kajian untuk dikompilasi, dievaluasi, dan diintegrasikan menggunakan model likelihood ratio sehingga menghasilkan peta indeks potensi mineral di Pulau Jawa Bagian Barat.
Peta indeks potensi mineral yang dihasilkan kemudian diverifikasi secara statistik yaitu membandingkan hasil dengan titik lokasi cebakan mineral yang telah ada dimana hasilnya berupa besaran akurasi untuk model likelihood ratio. Kemudian setelah diperoleh beberapa lokasi yang memiliki  nilai indeks tinggi selanjutnya dilakukan uji petik lapangan pada daerah terpilih untuk membandingkan dengan kondisi sebenarnya di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bonham-Carter, 1994. Geographic Information System For Geoscientist, Pergamon, Ontario, Canada.

Effendi, A.C., Kusnama, dan Hermanto, B., 1998. Peta Geologi Lembar Bogor, Jawa, Skala 1 :100.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Henry L. Alder & Edward B. Roessler, 1972. Introduction to Probability and Statistics. W.H.freeman & Company, San Francisco, USA.

Koesmono, Kusnama, M., dan Suwarna, N., 1996. Peta Geologi Lembar Sindangbarang dan Bandarwaru, Jawa, Skala 1 : 100.000. Edisi Kedua. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Kuzvart M & Bohmer M, 1986, Prospecting and Exploration of Mineral Deposits, Elsevier, Amsterdam-Oxford-Newyork-Tokyo.

Lee and Oh, 2008, Regional Probabilistic and Statistical Mineral Potential Mapping of GoldSilver Deposits Using GIS in the Gangreung Area, Korea, Resource Geology vol.58, no.2:1-17.

Nainggolan, D.A., Hutubessy, S., dan Suharyono, S., 1995. Peta Anomali Bouger Lembar Sindangbarang, Jawa Skala 1 : 100.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Nasution, J dan Sobari, I., 1994. Peta Anomali Bouger Lembar Cianjur, Jawa Skala 1 : 100.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Nasution, J dan Tasno, P., 1990. Peta Anomali Bouger Lembar Leuwidamar, Jawa Skala 1 : 100.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Rifki Febrianto. 2011, Geologi dan Studi Alterasi Hidrotermal Daerah Andulan Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu Propinsi Sulawesi Selatan. Yogyakarta : Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Jogjakarta.

Rohandi, U dan Gunawan, W., 1990. Peta Anomali Bouger Lembar Jampang, Jawa Skala 1 : 100.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Rohandi, U dan Sani, M., 1990. Peta Anomali Bouger Lembar Bogor, Jawa Skala 1 : 100.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Sujatmiko, 1972. Peta Geologi Lembar Cianjur, Jawa, Skala 1 : 100.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Sujatmiko dan Santosa, S., 1992. Peta Geologi Lembar Leuwidamar, Jawa, Skala 1 : 100.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Sukamto, R., 1975. Peta Geologi Lembar Jampang dan Balekambang, Jawa, Skala 1 : 100.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung

Published
2013-08-08
Section
Buletin Sumber Daya Geologi