Pemodelan Inversi 3D Gaya Berat dan Magnet Pada Sistem Panas Bumi Daerah Jaboi, Pulau Weh, Provinsi Aceh

  • Ahmad Zarkasyi Pusat Sumber Daya Geologi
  • Edi Suhanto Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

Pemodelan geofisika bersifat tidak unik sehingga dapat menghasilkan beberapa model. Pemodelan gaya berat dan magnet yang dilakukan di daerah panas bumi Jaboi, Provinsi Aceh pada tahun 2005 oleh Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral masih menggunakan foward modelling dan belum dapat menggambarkan kondisi 3D sistem panas bumi di daerah ini. Pemodelan inversi 3D adalah salah satu teknik pemodelan yang parameter modelnya diperoleh langsung dari data pengamatan. Teknik ini diaplikasikan pada data gaya berat dan magnet di daerah Jaboi untuk mengidentifikasi sistem dan area keprospekan panas bumi. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa sistem panas bumi terkonsentrasi di bawah struktur Graben Jaboi yang berada di antara Gunung Leumo dan Semereuguh dengan Kedalaman puncak reservoir sekitar 750 meter dari permukaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2005, Penyelidikan Terpadu Geologi, Geokimia dan Geofisika Daerah Panas Bumi Jaboi, Pulau Weh, NAD, Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral (DIM), Bandung.

Anonim, 2006, Pemboran Landaian Suhu Daerah Panas Bumi Jaboi, Pulau Weh, NAD, Pusat Sumber Daya Geologi, Bandung.

Kadir, W.G.A, 2000, Eksplorasi Gaya Berat dan Magnetik, Jurusan Teknik Geofisika, Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral, Institut Teknologi Bandung.

Kauffman A, and G.V. Keller, 1981, The Mafnetotelluric Sounding Method, Elsevier, Amsterdam.

Grandis, H, 2009, Pengantar Pemodelan Inversi Geofisika, Institut Teknologi Bandung.

Suhanto, E, dan Kasbani, 2007, Delineation of Prospect Area and Reservoir Structures of Jaboi Geothermal Fields as Mapped from Resistivity Data, proceeding HAGI-IAGI-IATMI joint convention Bali.

Published
2013-05-08
Section
Buletin Sumber Daya Geologi