Tinjauan Awal Alokasi Pemanfaatan Sumber Daya Batubara Kalori Rendah Di Sumatera

  • Asep Suryana Pusat Sumber Daya Geologi
  • Fatimah Fatimah Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

Batubara kalori rendah tersebar cukup banyak di Sumatera. Potensi ini belum termanfaatkan secara optimal karena terkendala oleh berbagai faktor, antara lain nilai jual yang tidak ekonomis. Alokasi pemanfaatan batubara kalori rendah perlu dilakukan dalam upaya memanfaatkan potensi alam ini secara optimal. Tinjauan alokasi potensi batubara ini dilakukan dengan mengelompokkan potensi batubara yang lokasinya berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang sama. Hasil tinjauan ini menunjukkan bahwa batubara kalori rendah Sumatera dapat dialokasikan untuk proses gasifikasi batubara, pencairan batubara serta penaikan peringkat batubara.

References

Anonim, 2011, Laporan Pemutakhiran Data dan Neraca Energi Fosil Tahun 2011, Pusat Sumber Daya Geologi. Bandung.

Suprapto, S.J., 2011, Mengejar Nilai Tambah Batubara, Geomagz Vol. 1 No.3-2011, Badan Geologi, Bandung.

Suprapto, S., 2011, Perkembangan Teknologi Gasifikasi Batubara, bahan presentasi pada Kolokium Pertambangan 2011, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara, Bandung.

Umar, D.F., 2011, Perkembangan Teknologi Upgrading, bahan presentasi pada Kolokium Pertambangan 2011, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara, Bandung.

http://www.tekmira.esdm.go.id/HasilLitbang/?p=377 Pembuatan Reaktor Gasifikasi Batubara Kapasitas 150 kg batubara / jam. Diunduh tanggal 6 November 2012.

Published
2012-11-08
Section
Buletin Sumber Daya Geologi