PENDUGAAN NILAI TAHANAN JENIS BATUAN UNTUK MENGETAHUI STRUKTUR GEOLOGI PADA ENDAPAN VULKANIK DI KEC. PADARINCANG, PROVINSI BANTEN.

  • Cipta Endyana Fakultas Teknik Geologi, Universitas Padjadjaran
  • Febri Hirnawan Fakultas Teknik Geologi, Universitas Padjadjaran
  • Hendrawan Hendrawan Fakultas Teknik Geologi, Universitas Padjadjaran
  • Undang Mardiana Fakultas Teknik Geologi, Universitas Padjadjaran

Abstract

Pendugaan nilai-nilai tahanan jenis batuan menggunakan metode Schlumberger merupakan pendekatan yang efektif untuk menduga kondisi batuan bawah permukaan. Penggunaan teknik interpolasi dan
pengelompokkan nilai tahanan jenis lebih lanjut dapat menafsirkan kontinuitas lateral jenis batuan dan struktur geologi.Pengolahan dan pengujian secara statistik  analisis regresi berganda pada nilai tahanan
jenis menghasilkan enam jenis kelompok batuan, yaitu: Breksi grain supported, Tuf Lapili, Tuf Kasar, Breksi grain supported, tuf lapili, breksi matrix supported. Hasil uji korelasi pada karakter tahanan jenis keenam kelompok batuan tersebut ditemukan bahwa ada tiga sumber material yang berbeda pada saat pengendapannya. Material endapan diyakini berasal dari Gunung Parakasak, Gunung Karang dan Gunung Kamuning. Kesamaan nilai tahanan jenis pada pola berarah barat-timur menunjukkan kesamaan litologi, sedangkan kesamaan nilai tahanan jenis pada pola dengan arah utara-selatan menunjukkan nilai kontras tahanan jenis yang disebabkan oleh dua jenis sesar berarah relatif barat-timur dengan mekanisme yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cas R.A.F.,& Wright J.V., 1987, Volcanic Sucessions, Allen & Unwin Ltd., London.

FTG UNPAD, 2009, Penelitian Hidrologi Daerah Ciomas dan Sekitarnya untuk PT. Tirta Investama, Fakultas Teknik Geologi, Universitas Padjadjaran, tidak dipublikasikan.

Hald A., 1952, Statistical Theory with Engineering Applications, John Wiley & Sons, New York.

Hirnawan F., 2007, Riset Bergulirlah Proses Ilmiah, UnpadPress. Bandung.

Nemeth, K and martin, U., 2007, Practical Volcanology. Lecture Notes for Understanding Volcanic Rock. Geological Institute of Hungary, vol 2007.

Oosterbaan R. J., Boonstra J., Rao K.V.G.K., 1996, The Energy Balance of Groundwater Flow in Singh & Kumar (eds.) Subsurface Water Hydrology, Kluwer Academic Publ., Dordrecht, The Netherlands.

Ruswana, Suwitodirdjo, Suharsono, 1991, Peta Geologi Regional Lembar Serang, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Santosa, 1991, Peta Geologi Regional Lembar Anyer, Pusat Penelitian dan Pengambangan Geologi, Bandung.

Supranto, J., 2004, Analisis Multivariat: Arti dan Implementasi, Penerbit Rineka Cipta, Bandung.

Zaenudin, 1985, Laporan Hasil Survey Geolistrik, Penelitian Hidrogeologi Kaki Gunung Ciomas, Padarincang, Pabuaran. Bandung. Tidak dipublikasikan.

Published
2011-11-08
Section
Buletin Sumber Daya Geologi