KETERDAPATAN EMAS YANG BERASOSIASI DENGAN SINABAR DI KABUPATEN BOMBANA, PROVINSI SULAWESI TENGGARA

  • Kisman Kisman Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

Kegiatan prospeksi dilakukan untuk mengentahui tipe genesa emas di daerah Kecamatan Rarowatu dan  Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, dengan metode pemercontoan geokimia dan konsentrat mineral berat serta analisis mineralogi butir pada 73 conto konsentrat dulang. Hasil penyelidikan menunjukan bahwa di daerah ini terdapat 2 tipe genesa emas yaitu primer pada satuan batuan sekis dan emas sekunder pada satuan aluvial yang berasosiasi dengan sinabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagdja, M.P., 1998. Eksplorasi Geokimia Regional, Bersistem Daerah Kabupaten Kendari, dan Kolaka, Sulawesi Tenggara, Direktorat Sumberdaya Mineral, Bandung.

Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bombana, 2008, Penyelidikan Geologi Terpadu Di Kecamatan Rumbia, Kecamatan Rarowatu Utara, dan Kecamatan Poleang Utara, Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bombana.

Tim Prospeksi, 2009, Prospeksi Endapan Emas di Daerah Bombana Sulawesi Tenggara, Pusat Sumber Daya Geologi.

Simanjuntak, T.O., Surono dan Sukido, 1993, Peta Geologi Lembar Kolaka, Sulawesi, Sekala 1: 250.000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Prinz M., Harlow G.E., Peters J., 1978, Simon and Schuster's guide to rocks and minerals, Simon&Schuster Inc., New York.

Tim Inventarisasi dan Evaluasi, 2005, Inventarisasi dan Evaluasi Sumberdaya Mineral Logam di daerah Kabupaten Bombana dan Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara, Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Bandung.

Published
2011-11-08
Section
Buletin Sumber Daya Geologi