PELUANG BIJIH BESI DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KOMODITAS MINERAL STRATEGIS NASIONAL

  • Bambang Pardiarto Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

Program pemerintah untuk membangun industri baja berbasis bahan baku lokal di Kalimantan Selatan telah dipelopori oleh PT Krakatau Steel bermitra dengan PT Antam (Persero) Tbk yang telah memasuki tahap konstruksi. Selain itu perusahaan ini juga menggandeng Posco untuk mendirikan pabrik baja di Cilegon. Kebutuhan bahan baku berupa bijih besi untuk menopang kedua proyek tersebut sangat besar. Untuk jangka waktu 20 tahun ke depan diperkirakan potensi bijih besi yang ada di Indonesia saat ini tidak akan cukup untuk mensuplai industri baja tersebut. Langkah strategis pemerintah perlu dilakukan agar bijih besi menjadi mineral strategis nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmanti, A., 2011, Konsumsi baja nasional, Seminar future prospect of steel construction in Indonesia, Gran Melia, Jakarta 7 April 2011.

Herlina K.D, 2010, Tahun depan harga baja naik 10-15%, http:// industri.kontan.co.id.

Kusno, 2011, Kebutuhan , diskusi non formal, Bandung.

Suhendra, 2010, Industri baja minta ekspor bijih besi kena bea keluar, Detik Finance.

Pardiarto, B., 2009, Tinjauan rencana pembangunan industri besi baja di Kalimantan Selatan, Buletin Sumber Daya Geologi, Volume 4 Nomor 2, 2009.

Pramusanto; Saleh, N., 2005, Coal based magnetizing roasting for iron cap ore of lateritic ore, IMA Mining Conference 2005, Jakarta.

Subandrio, A.S.M, 2006, Indonesian Banded Iron Formation (BIF) :A new challenge of iron deposit by controversial discovery of BIF in Tanggamus area- Lampung, South Sumatera, Proceedings of 9th International Symposium on Mineral Exploration (ISME IX), September 19-21 th 2006,

Bandung, Indonesia.

Tim Neraca, 2010, Laporan penyusunan neraca sumber daya mineral, Pusat Sumber Daya Geologi (unpublished).

…...……, 2003; Kebutuhan Mineral Logam Dalam Industri Nasional, Seminar Supply Demand Mineral dan Batubara Serta Pengawasannya, Direktorat Industri logam Mesin dan Maritim, Jakarta.

............., 2006, Perkembangan rencana pembangunan industri iron making di Kalimantan Selatan, Simposium nasional pengembangan industri baja, Deperind , Jakarta 23 Maret 2006.

……….., 2010, Laporan Kajian Besi di Kalimantan, Pusat Sumber Daya Geologi . (unpublished)

Steel statistical year book World steel association, Worldsteel committee on

economics studies, Brussel, (worldsteel.org)

Published
2011-08-08
Section
Buletin Sumber Daya Geologi