MODEL SISTEM PANAS BUMI BERDASARKAN DATA GRAVITY PADA DAERAH SONGA - WAYAUA, PULAU BACAN, MALUKU UTARA

  • Ahmad Zarkasyi Pusat Sumber Daya Geologi
  • Yuanno Rezky Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

Daerah panas bumi Songa-Wayaua merupakan salah satu area panas bumi yang menarik, yang berada di Pulau Bacan, Provinsi Maluku Utara. Manifestasi panas bumi di permukaan yang terdapat di Songa-Wayaua mempunyai temperatur berkisar 65 – 103,5 C berupa mata air panas, fumarol, kolam lumpur, tanah panas dan batuan teralterasi. Survei gaya
berat yang dilakukan pada tahun 2006 bertujuan untuk mengindetifikasi sistem panas bumi dan area prospeknya. Pemodelan gaya berat dengan inversi 3 dimensi menunjukkan sistem panas bumi Songa-Wayaua terkonsentrasi di bawah struktur Graben Songa, di antara Bukit Lansa dan
Bukit Pele.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apandi.T, dkk., 1980. Peta Geologi Lembar Ternate, Maluku Utara, Skala 1: 250.000. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Geologi. Bandung.

Aquila. L.G.,1977: Magnetic and Gravity surveys Suriagao Geothermal Field, The Comvol letter, v.IV, No 5 & 6.

Burger, H.R., 1992, Exploration Geophysics of shallow Sub Surface, Prentice Hall.

Dobrin, M.B; 1976: Introduction to Geophysical Prospecting. Mc. Grow Hill, p.357-475.

Kadir, W.G.A., 2000, Eksplorasi Gaya Berat dan Magnetik, Jurusan Teknik Geofisika, Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral, Institut Teknologi Bandung.

Parasnis, D.S., 1979: Principles of Applied Geophysics, Chapman and Hall,p. 59-96.

Santoso, Djoko, Pengantar Teknik Geofisika, Institut Teknologi bandung.

Telford, W. M., Geldart, L. P., Sheriff, R. E., Keys, D. A., 1990, Applied Geophysics, Cambridge University Press, London.

Tim Survei Terpadu, 2006, Penyelidikan Terpadu Geologi, Geokimia dan Geofisika Daerah Panas Bumi Songa-Wayaua, Pulau Bacan, Maluku Utara, Pusat Sumber daya Geologi, Bandung.

Published
2011-05-05
Section
Buletin Sumber Daya Geologi