APLIKASI GRAFIK PROBABILITY DALAM PENGOLAHAN DATA EKSPLORASI PANAS BUMI

  • Dikdik Risdianto Pusat Sumber Daya Geologi
  • Dedi Kusnadi Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

Seperti halnya survei geo-science lainnya, dalam survei eksplorasi panas bumi juga melibatkan jumlah data yang besar, sehingga diperlukan metoda statistik untuk mengolahnya. Ada beberapa cara untuk mengelola data secara statistik, salah satu diantaranya menggunakan Grafik Probability, yang pada prinsipnya adalah mencoba membagi data menjadi beberapa sub-populasi yang diinterpretasikan sebagai hasil suatu fenomena geologi. Seperti halnya metoda statistik yang lain, metoda ini menggunakan pendekatan yang umum dilakukan yaitu penentuan nilai threshold, nilai background dan nilai rata-rata dalam penentuan harga anomali. Keunggulan metoda ini dibandingkan metoda lain adalah kemampuannya membagi atau memfilter suatu kelompok besar data menjadi beberapa sub-populasi yang mempunyai nilai ambang sendiri. Hasil
pengolahannya digambarkan dalam suatu peta dan memberikan banyak area dengan karakteristik nilai data berlainan satu-sama lain. Hal ini akan memberikan ruang yang luas bagi geologist dan geochemist untuk bahan interpretasi. Pada tulisan ini penulis mencoba mengaplikasikan metoda grafik probability untuk pengolahan data geokimia, yaitu kandungan unsur Hg dalam tanah dan kadar CO2 udara tanah di daerah Panas Bumi Jaboi, Nangroe Aceh Darussalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astawa, I N., drr., 2006. Laporan Hasil Penelitian Potensi Gas Dangkal/Biogenik, di Perairan Indramayu, Jawa Barat, tidak dipublikasikan.

Astawa, I Nyoman dkk. 2007. Indikasi Keberadaan Gas Biogenik di Delta

Sungai Cimanuk Berdasarkan Data Seismik dan Bor, Indramayu,

Jawa Barat. Jurnal Geologi Kelautan, Volume 5, No. 2, Agustus 2007,

Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan.

Darlan Y., U. Kamiludin, I Nyoman Astawa, Nur Adi Kristanto, Kresna Tri Dewi,Duddy Arifin Setiabudi Ranawijaya dan Kumala Hardjawidjaksana,

(2002)., Kajian Penanggulangan Prooses erosi Pantai Tirtamaya dan Sekitarnya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Laporan intern Instansi.

D. Sudana dan A. Achdan, 1992. Peta Geologi Lembar Indramayu, Jawa Barat,Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Febriana, Indra. 2007. Analisis Potensi Gas Biogenik Dengan Metode Seismik Pantul Dangkal di Muara Kakap Kalimantan Barat. UPI: Skripsi tidak diterbitkan.

Hendrajaya, Lilik., Idam Arif. 1990. Geolistrik Tahanan Jenis. Bandung: ITB.

Hydari, Amru. 1981. Geofisika Eksplorasi Terbatas (Metode Geolistrik hal 2335).Bandung: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Lutan, Asril. 1981. Geofisika Eksplorasi Terbatas (Metode Pengukuran

Tahanan Jenis Bawah Permukaan Tanah hal 36-42). Bandung: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Published
2009-05-14
Section
Buletin Sumber Daya Geologi