MINERALISASI EMAS EPITERMAL DI WILAYAH LUBUK GADANG, SOLOK SELATAN, SUMATERA BARAT.

  • Toreno Toreno Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

Mineralisasi emas yang terdapat di Lubuk Gadang merupakan bekas tambang Belanda, terdiri atas beberapa tubuh bijih (Simajolelo, Dam Pulau Banda, Poeding 11/Lubang 11), dan terjadi pada lingkungan batuan intrusi (Kapur) yang menerobos Formasi Barisan (Perm). Indikasi emas dan logam dasar ditemukan pada zona filik, propilitik dan argilik yang terjadi karena pengaruh
larutan hidrotermal yang naik bersama-sama intrusi granitik–granodioritik atau disebabkan juga oleh pengaruh dike andesitik–basalt yang terbentuk akibat pengaruh Sesar Besar Sumatera berarah baratlaut-tenggara. Hasil analisa urat kuarsa dan batuan menunjukkan kandungan emas dan perak yang cukup tinggi (0.1 g/t - 1.72 g/t Au dan 309 g/t Ag) yang diikuti dengan kandungan tembaga (Cu) yang rendah, dan seng and timbal yang tinggi (28.19 % Zn dan 23.65 % Pb). Daerah penelitian termasuk dalam zona proses pendidihan (boiling zone) di sepanjang rekahan,dengan temperatur berkisar <150°C sampai ~300°C pada kedalaman dangkal. Data geologi,mineral sulfida, tekstur serta ubahan hidrotermal, menunjukkan bahwa mineralisasi emas yang terbentuk di daerah ini dapat diklasifikasikan sebagai tipe epitermal sulfida rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almanden Minerals, Vein system and types of deposits. http://www.almandenminerals.com/geoskool/vein system.html/[24 July 2007].

Corbett G.J. dan Leach T.M, 1996. Southwest Pacific RIM Gold-Copper System : Structure,Alteration and Mineralization. Society of Economic Geologist Special Publication 6, 234 h.

Crow, M.J, 1993. The Simplified Geology and Metaliferous Mineral Occurrences of Painan

Quadrante, BOS and DMR.

Katili, J.A. 1975. Volcanism and Plate Tectonic in the Indonesia Island Arc. Tectonophysics.

Rosidi H.M.D., dkk, 1996, Peta Geologi Lembar Painan dan Bagian Timur Laut Lembar Muara

Siberut sekala 1 : 250.000.

van Bemmelen R.W, 1949, The geology of Indonesia, Goverment Printing Office, The Hague

White, N.C. and Hedenquist, J.W, 1995, Epithermal Gold Deposits : Styles, Charateristics and Exploration. Publhised in SEG Newsletter, No.23,pp.1-9-13.

Published
2009-05-05
Section
Buletin Sumber Daya Geologi