KANDUNGAN LOGAM DASAR DI DALAM ENDAPAN LETAKAN PANTAI DAN LEPAS PANTAI PERAIRAN PAMEUNGPEUK, GARUT, JAWA BARAT. INDIKASI ADANYA MINERALISASI HIDROTHERMAL DI DARAT

  • Setyanto Setyanto Puslitbang Geologi Kelepas pantaian
  • Setiady Setiady Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

Sebaran hasil analisis geokimia untuk logam dasar baik contoh-contoh pantai maupun lepas pantai memperlihatkan adanya pengelompokan kandungan baik untuk unsur-unsur Tembaga (Cu), Timbal (Pb), dan seng (Zn) ataupun logam emas (Au) dan perak (Ag). Perbedaan lingkungan pengendapan di pantai dan lepas pantai berpengaruh kepada kandungan logam dasar. Di lingkungan pantai kandungan unsur logam dasar yaitu Cu, Pb dan Zn rata-rata lebih tinggi dari pada lingkungan pengendapan lepas pantai. Kandungan emas (Au) dan perak (Ag) dipantai juga lebih tinggi di bandingkan dengan di lepas pantai. Sebaran logam dasar dari timur ke barat memperlihatkan variasi kandungan yang juga berbeda antara logam dasar P, Cu dan kandungan Zn. Kandungan Zn selalu lebih tinggi daripada kandungan Pb dan Cu. Variasi ini juga terlihat berbeda antara lingkungan pantai dengan variasi yang jauh lebih mencolok/variatif pada lingkungan lepas pantai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alzwar, M., 1992, Peta Geologi Lembar Pameungeuk, Jawa Barat, Skala 1:100.000, PPPG, Bandung

Setiady, D. 2001, Laporan Penyelidikan Potensi Mineral Perairan Garut Selatan, Jawa Barat, Laporan intern, PPPGL.

Kamiludin, U. 2004, Laporan Penyelidikan Emas di Perairan Muara Kakap, Kalimantan Barat. Laporan intern PPPGL.

Whitten, D.G.A., Brooks, J.R.V., 1982, The Pinguin Dictionary of Geologi, Pinguin Books Ltd., Harmondsworth, Middlesex, England.

Published
2008-11-14
Section
Buletin Sumber Daya Geologi