KAJIAN PASAR MINERAL DAN USULAN STRATEGI EKSPLORASI SUMBER DAYA MINERAL DI INDONESIA

  • Teuku Ishlah Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

Eksplorasi sumber daya mineral, batubara dan sumber daya geologi lainnya sangat tergantung pada permintaan harga, ongkos produksi, teknologi pengolahan dan kondisi politik, ekonomi dan hukum serta keamanan suatu negara. Oleh karnanya diperlukan kajian pemilihan mineral untuk kepentingan eksplorasi sumberdaya mineral, batubara dan sumber daya bumi lainnya. Berdasarkan data statistik mineral yang diterbitkan oleh USGS 2008, produksi dan harga komoditas mineral naik tajam sejak tahun 1990 dan terjadi lonjakan kenaikan harga seperti emas, nikel, besi, molybdenium,aluminium,uranium batubara dan sebagainya.

Indonesia yang secara geologi, sangat menarik untuk terbentuknya mineral , batubara, panas bumi, dan minyak dan gas bumi. Berdasarkan hasil kajian besaran nilai pasar, kondisi geologi dan minat investasi di Indonesia, diusulkan jenis mineral yang diutamakan untuk diekplorasi yang terdiri dari emas, tembaga dan mineral ikutanny, batubara,potasium,titanium,dioksid dan nikel-kobal-krom. Selanjutnya jenis mineral yang dianggap perlu dilakukan kajian/riset/joint study antara lain adalah timah putih, timah hitam seng, molibden,bauksit, platinum grup, belerang gunung api, bijih besi, intan dan uranium.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sophandi,D,2008, Sudah Laku Ditawar Rp 5 Milyar, Banjarmasin Post 23-1-2008.

Http///info energi. wordpress.com/2007/04/29/spekulasi cadangan uranium dan masa depan PLN.

Sukirno Djaswadi,2006,Prospect of Base Metal Minerals in Indonesia, Revised Edition, Centre For Geo-Resources, P227.

Theo M.Van Leewen,1994,25 Years of Mineral Exploration and discovery in Indonesia, Journal of Geochemical Exploration 50,Elsevier.

US Geological Survey,2008, Mineral Comodity Summaries 2008, United Goverment Printing Washington.

Published
2008-05-03
Section
Buletin Sumber Daya Geologi