TINJAUAN KONSERVASI SUMBER DAYA ASPAL BUTON

  • Denni Widhiyatna Pusat Sumber Daya Geologi
  • Rahardjo Hutamadi Pusat Sumber Daya Geologi
  • Sutrisno Sutrisno Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

Aspal Buton merupakan satu-satunya cebakan aspal alam di Indonesia. Aspal Buton telah ditambang oleh PT. Sarana Karya, namun dalam perkembangannya bahan galian ini menghadapi kendala pemasaran, antara lain akibat adanya produk aspal residu dari pengolahan minyak bum. Jenis ini lebih mudah diperoleh dan murah sehingga memiliki keunggulan dalam pengunaannya.
Cadangan aspal buton yang masih tertinggal tercatat sebanyak 179,1 juta ton dengan sumber daya hipotetik minyak dalam aspal sebesar 10.577.646.000 liter. Upaya memodifikasi produk telah dilakukan oleh pihak terkait seperti membuat BGA (Buton Granule Agregat) dalam beberapa ukuran tertentu, namun belum belum berhasil meningkatkan daya saing aspal buton di pasaran.
Batugamping sebagai batuan induk dari endapan aspal buton merupakan bahan galian lain yang perlu dikaji lebih jauh kuantitas dan kualitasnya selama kegiatan penambangan aspal. Upaya penanganan batugamping perlu Direncanakan dengan baik dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan seluruh potensi cebakan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rosyid, 1998. Pertambangan Aspal Alam Pulau Buton, PPTM, Bandung

AJM, 1999. Operating Mines (CoW and KP) Asian Journal Mining, Indonesia Mineral Exploration and Mining, Directory 1999 I

, p.199-200.

Hardjono, 1966. Laporan Singkat Tentang Hasil Eksplorasi Endapan Aspal di Lapangan D dan E Daerah Kabungka Buton, Sulawesi Tenggara, Direktorat Geologi, Bandung.

Sikumbang, N, Sanyoto.P, Supandjono, R.J.B dan Gafoer.S, 1995. Peta Geologi Lembar Buton, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung, Sekala 1 : 250.000.

Subamas, S, dkk, 2001. Penyelidikan Pendahuluan Endapan Bitumen Padat Di Daerah Pasarwajo Dan Sekitarnya, Kabupaten Buton, Propinsi Sulawesi Tenggara, DIM, Bandung.

Suhala, S, Sudradjat A, Mulyono, 1996. Bahan Galian lndustri, PPTM, Bandung.

Suryana, A., Tobing, S.M, 2002. lnventarisasi Endapan Bitumen Padat dengan Outcrop Drilling di Daerah Buton Selatan,

Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, Sub Dit Batubara, DIM, Bandung

Tobing, S.M, 2003. Prospek Bitumen Padat di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, Sub Dit Batubara, DIM, Bandung

Tobing, S.M, 2005. Inventarisasi Bitumen Padat di Daerah Sampolawa, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Sub Dit Batubara, DIM, Bandung

http:/members.tripod.com/sultraiASPAL_BUTON.htrn

Section
Buletin Sumber Daya Geologi