PROSPEK ENDAPAN KROMIT PADA LATERIT DOSAY, PEGUNUNGAN CYCLOOP, SENTANI BARAT, JAYAPURA, PAPUA

  • Bambang Nugroho Widi

Abstract

Keterdapatan mineral kromit di Wilayah Dosay, Kecamatan Sentani Barat,Provinsi Papua, merupakan temuan baru yang menarik untuk di kaji secara lebih jauh.Adanya indikasi tersebut telah memberikan gambaran kondisi mineralisasi  yang belum terungkap oleh penyelidik sebelumnya, terutama terutama berkaitan dengan keterdapatan kromit di wilayah ini.   Secara geologi Jalur Pegunungan Cycloop dimana indikasi kromit ditemukan memiliki ciri yang karakteristik. Kromit ditemukan dalam batuan ultrabasa kelompok ofiolit Pegunungan Cycloop.

Batuan ofiolit merupakan batuan induk (host rock) dari kelompok mineral logam jenis kobalt (Co), nikel (Ni), besi laterit (Fe), platinum (Pt), Paladium (Pd) dan kromit (Cr).

Dari hasil penyelidikan oleh Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi th 2016, di daerah Sentani Barat diketahui anomali kromit ditemukan cukup signifikan yaitu dari kisara 1,3% hingga 4,7% dari soil hingga lapukan batuannya (saphrolit).

Anomali ini mencapai grade tertinggi sekitar 130 kali lipat kelimpahan unsur kromit di kerak bumi. Sementara dari kelompok mineral logam lainnya seperti kobal, nikel dan besi kehadirannya tidak begitu signifikan.

Adanya indikasi kromit yang kuat di horizon soil bagian atas hingga saphrolit pada bagian bawah diharapkan akan menjadi suatu temuan baru yang menarik dan berharga baik secara “scientific”c maupun ekonomi diwilayah ini dimasa mendatang

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bambang Nugroho Widi

Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi

Bidang Mineral

References

Anonim, 2003. Atlas Geologi dan Potensi Sumber Daya Mineral-Energi Kawasan Indonesia, Skala 1 : 10.000.000, Laporan Intern Pusat Survei Geologi, Bandung.

Anonim, 2007 List of Periodic Table Elements Sorted by Abundance in Earth's crust". Israel Science and Tech. Home page. Retrieved -04-15

Ediar Usman., 2011. PROSPEK PENGEMBANGAN SUMBER DAYA NIKEL LATERIT DI KAWASAN INDONESIA, TIMUR Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, Bandung.

Amin, T.C., Hadiwidjoyo, S., 2003. Peta Batuan Induk Sumber Daya Mineral Industri. Dalam:

Geologi dan Potensi Sumber Daya Mineral dan Energi Kawasan Indonesia, Skala 1 10.000.000 Laporan Intern Pusat Survei Geologi, Bandung.:,

High Land Pacific Inc., 2014. Ramu Nickel Project, Kurumbukari, Papua New Guinea.

Hugh L. Davies., 2011. The geology of New Guinea – the Cordilleran margin of the Australian continent, Earth Sciences, University of Papua New Guinea, PO Box 414, University NCD, Papua New Guinea.

Industrial Mineral Forums and Research. 2014

Simandjuntak, T.O., 2003. Peta Tektonik Neogen.Dalam: Pusat Survei Geologi, 2003. Atlas

Wang xibin dan Bao Piesheng., 1987. Genesis of Podiform Chromite Deposits Evidence from the Luobosa Chromite Deposits, Tibet, Acta Geologica Sinica, Vol.61, Page 77-94.

Published
2017-07-11
Section
Buletin Sumber Daya Geologi