MEMBANGUN APLIKASI ASEAN MINERAL TRADE DATABASE

  • Qomariah Qomariah Pusat Sumber Daya Geologi
  • Denni Widhiyatna Pusat Sumber Daya Geologi

Abstract

ASEAN Mineral Trade Database Aplication atau Aplikasi Basis Data Perdagangan Mineral ASEAN merupakan bagian dari aplikasi ASEAN Minerals Database and Information System yang terdiri dari aplikasi ASEAN Mineral Resources Database dan ASEAN Mineral Trade Database. Aplikasi ASEAN Mineral Resources Database sudah dikembangkan oleh Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi sejak Tahun 2007.  Dalam topologi jaringan mineral ASEAN terdapat 6 macam konten yaitu : sumber daya mineral, direktori perusahaan, legislasi pengembangan mineral dan lingkungan, ekspor impor mineral, persediaan dan permintaan, direktori bisnis penelitian dan pengembangan. Database sumber daya mineral menjadi satu sub database tersendiri, sedangkan sisanya digabung kedalam database  perdagangan mineral ASEAN.
Dengan tersedianya aplikasi ini diharapkan negara-negara anggota ASEAN akan lebih mudah mempublikasikan informasi potensi mineral dan perdagangannya ke seluruh dunia secara efisien dan efektif apabila dimanfaatkan dengan pengisian data terkait secara berkesinambungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antony Pranata, 2001, Panduan Pemrograman Javascript, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Dios Kurniawan, 1997, HTML 3 untuk Publikasi di Internet, BPPE, Yogyakarta.

Fathansyah, 2002, Basis Data, Penerbit Informatika, Bandung.

http://www.cifor.cgiar.org/publications/pdf_files/Books/SIGeografis/SIG-part-2.pdf

Intruksi Presiden Nomor.3 Tahun 2003, tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.

Peraturan Presiden Nomor.85 Tahun 2007, tentang jaringan data Spatial Nasional.

Pusat Sumber Daya Geologi, 2006, Buku Panduan Sosialisasi Pengelolaan Data dan pelayanan Informasi Sumber Daya Mineral, Bandung.

Tim Pengembangan Aplikasi Database Sumber Daya Geologi, 2007, Laporan Akhir Pengembangan Aplikasi Database Sumber Daya Geologi, Pusat Sumber daya Geologi, Bandung.

Wiliams, Sawyer, 2007, Using Information Technology, Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Published
2010-11-30
Section
Buletin Sumber Daya Geologi