Buletin Sumber Daya Geologi

Buletin Sumber Daya Geologi merupakan Makalah berkala ilmiah terakreditasi LIPI bidang mineral, energi fosil, dan panas bumi. Makalah ini terbit tiga nomor dalam satu tahun pada bulan Mei, Agustus dan November.

Pada Tahun 2010, Buletin Sumber Daya Geologi mendapat Akreditasi B sebagai majalah Berkala Ilmiah, kemudian akreditasi ulang Tahun 2012, dan akreditasi terbaru di Tahun 2015 untuk tiga tahun kedepan dengan nomor ISSN (print) : 1907-5367. Tahun 2017 Buletin Sumber Daya Geologi mendapatkan nomor eISSN : 2580 - 1023 untuk versi onlinenya.
 
Pada Tahun 2018, Buletin Sumber Daya Geologi telah terakreditasi Peringkat 2 oleh Kemenristekdikti sebagai Jurnal Ilmiah.

Announcements

 

Sertifikat Akreditasi Buletin Sumber Daya Geologi Tahun 2018

 
 
Posted: 2018-07-18
 

Call For Papers [Mineral, Energi Fosil, Panas Bumi]

 
 
Posted: 2018-02-19
 
More Announcements...

Vol 14, No 1 (2019): Buletin Sumber Daya Geologi

Buletin Sumber Daya Geologi kembali kami hadirkan kepada masyarakat pada Bulan Mei sebagai edisi perdana di tahun 2019. Ditinjau dari ragam bahasan, edisi buletin ini cukup lengkap karena berisi lima artikel yang mengkaji tentang mineral logam, mineral bukan logam dan batuan, batubara dan panas bumi dengan menggunakan berbagai macam metode.

Artikel tentang mineral bukan logam dan batuan berupa kajian keterdapatan batuan pembawa unsur kalium di daerah Jepara yang dapat dijadikan sebagai salah satu jenis unsur hara makro untuk bahan pembuatan pupuk majemuk, sehingga hal tersebut dapat menyokong program ketahanan pangan nasional.

Selanjutnya terdapat 2 artikel yang membahas tentang mineral logam, yaitu artikel tentang mineral emas pada zona oksidasi yang ditinjau pada sisi alterasi dan mineralisasinya. Artikel lainnya berupa tinjauan geokimia bijih dan konsentrat cebakan tembaga emas porfiri di Grasberg, Papua yang membahas peluang pemanfaatan unsur-unsur ikutan lainnya selain Au, Cu dan Ag yang sudah terbukti ekonomis.

Artikel tentang panas bumi berupa pemodelan isotermal 3 dimensi untuk memahami kondisi temperatur bawah permukaan pada suatu daerah. Metode ini difokuskan pada pengolahan data geokimia mata air panas yang didukung oleh data geologi dan geofisika, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan rekomendasi bagi tahapan penyelidikan lebih lanjut

Artikel terakhir berupa kajian tentang batubara pada Formasi Dahor dengan metode petrografi dan geokimia untuk mengetahui karakteristik dan peringkat batubara serta material organik pembentuknya.

Pada kesempatan ini, Dewan Redaksi mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Penulis, Editor dan Mitra Bestari atas partisipasinya dalam menghadirkan edisi ini. Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi dan pihak manajemen yang telah memfasilitasi pengelolaan Buletin Sumber Daya Geologi sehingga dapat hadir diantara para pembaca hingga tahun ke empat belas. Semoga kehadiran Buletin ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dalam bidang ilmu kebumian. 

 

Salam hangat,

 

Dewan Redaksi

Full Issue

View or download the full issue PDF (Bahasa Indonesia)

Table of Contents

Buletin Sumber Daya Geologi

Herry Rodiana Eddy, Irwan Muksin
1-20
Reza Fahmi, Hartaja Hatta Wicaksono, Bambang Priadi
21-33
Lano Adhitya Permana, Dudi Hermawan, Santia Ardi Mustofa
35-48
Ernowo ernowo, Bambang Pardiarto, Dwi Nugroho Sunuhadi
49-64
Sigit Arso Wibisono, Eska P Dwitama, Iudhi O Prahesti
65-78